Jenis Jenis Beasiswa Unggulan – Untuk bisa lolos dan masuk ke dalam suatu unversitas terbaik yang ada di Indonesia memang tidaklah mudah. Selain harus baik dalam hal akademi , kalian juga diharuskan mengeluarkan biaya yang cukup besar per semesternya.

Jenis Jenis Beasiswa Unggulan

Bahkan beberapa universitas di Indonesia membebani biaya per semester untuk para mahasiswa dan mahasiswinya hingga puluhan juta rupiah. Tentu saja ini menjadi masalah bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan tinggi namun tidak memiliki uang yang cukup.

Namun kalian tidak perlu khawatir karena selain ada joker123 Bidik Misi , ada juga beasiswa dari pemerintah untuk mereka lulusan SMA/SMK/sederajat yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di bangku kuliah. Beasiswa ini biasanya disebut dengan Beasiswa Unggulan yang rutin dihadirkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setidaknya ada 3 jenis Beasiswa Unggulan yang ada hingga saat ini. Berikut adalah jenis jenis Beasiswa Unggulan tersebut.

Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Jenis beasiswa yang satu ini terdiri dari Beasiswa Degree (Dalam Negeri) dan Beasiswa Bantuan Non-Degree. Pada umumnya beasiswa Degree diperuntukkan bagi mereka dibidang tertentu seperti sains, penelitian ilmiah, keterampilan, olah raga, seni, dan bahasa yang dilaksanakan oleh Kemendikbud ataupun LIPI.

Namun untuk kalian yang pernah beprestasi selain di tingkat olimpiade Internasional ataupun Nasional kalian juga bisa tetap mendapatkan beasiswa yang satu ini dengan memilih golongan umum.

Sedangkan untuk beasiswa non Degree diperuntukkan kepada Guru, tenaga kependidikan pada tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK, pegiat budaya, seniman dan pegiat sosial dan masih banyak lainnya.

Beasiswa 3T

Beasiswa ini biasanya ditujukan kepada mereka yang tinggal di daerah 3T yaitu daerah yang tertinggal, terdepan, dan terluar di Indonesia. Biasanya beasiswa ini dipergunakan oleh para mahsiswa yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini kalian setidaknya harus memiliki IPK sebesar 3,25. Selain itu berkas berkas lainnya seperti plakat , sertifikat , perlombaan dalam bidang olahraga maupun akademis juga bisa menjadi pertimbangan untuk mendapatkan beasiswa 3T.

Beasiswa Pegawai Kemendikbud 

Seperti namanya, jenis beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mereka para pegawai kemendikbud saja.  Beasiswa ini hanya tersedia untuk jenjang S2 dan S3, dan pegawai yang ingin mengikuti program ini harus mempunyai Sasaran Kerja Pegawai (SKP) minimal 1 tahun dengan nilai baik.

Nah itu beberapa jenis beasiswa unggulan yang bisa kalian dapatkan hingga saat ini. Adapun syarat umum yang harus kalian penuhi adalah sebagai berikut :

Syarat Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020

Persyaratan Umum:

  • Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi tingkat internasional dan/atau nasional;
  • Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait;
  • Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain; dan Diterima pada perguruan tinggi terakreditasi.

Persyaratan Khusus Program Sarjana:

  • Memiliki usia paling tinggi 22 tahun;
  • Mengisi nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi siswa lulusan dalam negeri;
  • Bagi mahasiswa pada jenjang pendidikan S1 yang sedang menempuh perkuliahan memiliki nilai IPK minimal 3.25 pada skala 4.00; dan
  • Karya tulis berupa essay/karangan menggunakan Bahasa Indonesia, dengan ketentuan: (a). Judul/tema: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”; dan (b). Essay/karangan ditulis sebanyak 3-5 halaman pada kertas ukuran A4 dengan format huruf Times New Roman ukuran huruf 12 dengan spasi 1.5 lines.

Syarat Khusus Program Magister:

  • Berusia paling tinggi 32 tahun;
  • Surat keterangan lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima pada perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B atau surat keterangan aktif kuliah dari dekan atau direktur pasca bagi mahasiswa on-going pada perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B;
  • Memiliki nilai IPK S1 minimal 3.25 pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going;
  • diutamakan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 500/IBT 61 atau IELTS 5,5; dan
  • Membuat proposal rencana studi yang slot88.gold berisi alasan mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (tesis).

Syarat Khusus Program Doktoral:

  • Berusia paling tinggi 40 tahun;
  • Surat keterangan lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima pada perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B atau surat keterangan aktif kuliah dari dekan atau direktur pasca bagi mahasiswa on-going pada perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B;
  • memiliki nilai IPK S2 minimal 3.40 pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going;
  • diutamakan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 500/IBT 61 atau IELTS 5,5; dan
  • membuat proposal rencana studi yang berisi alasan mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (disertasi).