Perbedaan Gelar Perguruan Tinggi

Perbedaan Gelar Perguruan Tinggi ! Cumlaude , Summa Cumlaude Dan Magna Cumlaude

Perbedaan Gelar Perguruan Tinggi – Ketika kalian menempuh pendidikan di perguruan tinggi , pasti sering mendengarkan apa yang namanya Cumlaude , Summa Cumlaude dan juga Manga Cumlaude.

Ketiga kata di atas sebenarnya adalah slot777 gelar yang diberikan kepada mereka para mahasiswa yang telah lulus atau biasa yang disebut dengan penghargaan latin.

Namun setiap gelar tentu memiliki arti dan definisi yang berbeda beda. Berikut adalah perbedaan gelar perguruan tinggi tersebut.

Definisi Cumlaude

Index of /wp-content/uploads/2015/06/

Cumlaude adalah gelar yang diberikan kepada mahasiswa yang telah  lulus dengan kehormatan, wisuda dengan kehormatan, dan memiliki IPK tinggi.

Seperti yang tadi dikatakan , biasanya mahasiswa yang mendapatkan gelar Cumlaude adalah mahasiswa yang memiliki nilai lebih tinggi dari nilai rata rata.

Definisi Summa Cumlaude

Summa Cum Laude - The Highest Academic Distinction and Recognition

Summa Cumlaude memiliki istilah lain yaitu  “With Highest Praise” atau “Dengan Kehormatan Tertinggi”. Berbeda dari Cumlaude , Summa Cumlaude adalah gelar yang diberikan kepada satu mahasiswa saja dari setiap angkatan.

Tentu untuk mendapatkan gelar tersebut harus memiliki IPK yang jauh lebih tinggi dari Cumlaude. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi persyaratan mahasiswa mendapatkan gelar Summa Cumlaude.

Persyaratan Berbasis IPK

Hampir seluruh di Indonesia menggunakan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK untuk menentukan mahasiswa yang lulus bahkan juga digunakan untuk klasifikasi Summa Cumlaude.

Jadi semakin tinggi IPK yang kalian dapatkan , maka akan semakin besar pula untuk mendapatkan gelar Summa Cumlaude ini.

Peringkat Kelas

Selain IPK , Summa Cumlaude juga biasanya diberikan kepada mereka yang memiliki peringkat teratas di kelasnya. Walaupun memang IPK menjadi faktor penentu gelar ini , namun mahasiswa tidak harus memerlukan IPK yang tinggi untuk meraih peringkat teratas di kelasnya.

Definisi Magna Cumlaude

Magna cum laude graduation sign illustration design — Stock Photo ©  alexmillos #10948136

Magna Cumlaude lebih sering dikenal dengan sebutan “With Great Praise”. Biasanya mahasiswa yang mendapatkan gelar ini adalah mereka yang memiliki nilai tertinggi kedua dari seluruh angkatan.

Mahasiswa yang masuk ke dalam 10%-15% lulusan teratas memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan gelar ini.

Kriteria Lulus Magna Cumlaude

Gelar Magna Cumlaude biasanya tidak mengacu pada IPK melainkan merujuk peringkat kelas mahasiswa. Beberapa kampus ternama biasanya memberikan gelar Magna Cumlaude kepada 10% nilai tertinggi.

Selain berfokus pada nilai , beberapa perguruan tinggi  juga memiliki aspek lain dalam menetapkan gelar kehormatan. Semisalnya menyelesaik kursus lanjutan , rekomendasi fakultas hingga menulis tesis kehormatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *