Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan Pendidikan Nasional Menurut Undang Undang

Tujuan Pendidikan Nasional – Pendidikan adalah salah satu hal penting untuk bisa memajukan negara negara terutama Indonesia. Semakin majunya pendidikan di suatu negara , maka semakin baik pula negara tersebut. Oleh karena itu , setiap orang berhak mendapatkan pendidikan agar bisa mengetahui proses evolusi sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Pendidikan Nasional menurut Undang Undang No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2 adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang memfokuskan pada nilai nilai kebudayaan , agama dan tanggap pada perubahan zaman.

Di Indonesia , salah satu program pendidikan adalah wajib belajar 12 tahun , yang artinya pendidikan yang ada di mulai dari tingkat pendikan dasar hingga pendidikan menengah.

Selain memajukan negara , ternyata ada banyak tujuan tujuan diadakannya pendidikan disetiap negara. Untuk indonesia , berikut adalah tujuan pendidikan nasional

Tujuan Pendidik Nasional Di Indonesia

Menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan diadakannya pendidikan nasional sendiri adalah untuk bisa mengembangkan potensi potensi yang dimiliki oleh setiap siswa agar menjadi manusia yang bertakwa , berkahlak mulia , bercakap baik dan bertanggung jawab.

Menjadi Manusia Yang Cakap

Tujuan Pendidikan Nasional

Setiap orang yang sudah menempuh pendidikan diharapkan menjadi orang yang cakap dalam menulis dan membaca. Kedua hal tersebut menjadi tolak ukur seberapa baiknya sumber daya manusia di Indonesia sebagai negara berkembang agar bisa membuat seseorang memahami dan mengerti apa yang disampaikan.

Menjadi Manusia Yang Berakhlak

Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan selanjutnya berfokus pada sifat sifat manusia. Dalam setiap pendidikan sekolah , pelajar selalu diajari tentang bagaimana cara menjadi manusia yang bijak dan berakhlak baik dan mulia.

Dengan akhlak yang mulia dipercaya bisa mendamaikan konflik konflik yang terjadi di Indonesia baik itu konflik kelompok ataupun antar individu.

Menjadi Manuisa Beriman Kepada Tuhan YME

Tujuan Pendidikan Nasional

Dalam Pancasila sila pertama mengatakan Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila tersebut harus kita terapkan dan aplikasikan di dalam pendidikan nasional agar bisa membuat pelajar menjadi orang yang selalu takwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah sebabnya disetiap pendidikan diadakannya pelajaran agama yang bertujuan untuk membuat manusia memiliki hubungan yang baik dan dekat dengan sang pencipta sehingga jika tercapainya hal tersebut , maka bangsa Indonesia akan memiliki sumber daya manusia yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *