Ini loh 5 Negara ASEAN Yang Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik

Association of Southeast Asian Nations atau yang biasa disingkat (ASEAN) adalah Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara yang terdiri dari 10 negara anggota.

10 negara tersebut ialah  Kamboja, Indonesia, Laos, Brunei Darussalam, Myanmar, Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Berdasarkan info dari U.S. News & World Report telah menyimpulkan pemeringkatan sistem pendidikan terbaik di seluruh dunia. Peringkat ini disusun dan diolah berdasarkan survei global berbasis persepsi. Survei tersebut diukur dengan kompilasi skor tiga atribut.

Ketiga atribut tersebut yakni sistem pendidikan yang berkembang baik, apakah orang akan mempertimbangkan kuliah di sana, serta apakah negara tersebut mempunyai pendidikan berkualitas tinggi.

Berdasarkan peringkat tersebut, Amerika Serikat,  Jerman, Inggris, Perancis, dan Kanada ada di urutan 5 besar

Berikut 5 Negara Terbaik dalam Sistem Pendidikannya

Ini loh 5 Negara ASEAN Yang Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik

1. Singapura
negara ini berada pada peringkat ke-19 dari 73 negara yang diikutsertakan dalam ranking tahun 2020. Tahun ini, Singapura berada di urutan ke-21 di seluruh dunia.

2. Malaysia
Malaysia menempati peringkat ke-38 di seluruh dunia pada tahun 2021. Sementara, di tahun sebelumnya, hanya berada di urutan  ke-39 dari 73 negara.

3. Thailand
Negeri Gajah Putih berada di urutan ke 46 di tahun ini. Thailand menempati 2 peringkat lebih tinggi dari tahun 2020. Kenaikan juga dialami Thailand yang naik dua peringkat dari posisi 44 tahun lalu menjadi ke posisi 46 tahun ini.

Menurut beberapa sumber, sistem pendidikan di Thailand mewajibkan belajar 12 tahun dengan rincian SD 6 tahun, sekolah menengah 3 tahun, dan sekolah menengah atas 3 tahun.

4. Indonesia


Indonesia masuk ke dalam empat besar sebagai negara terbaik dari sisi sistem pendidikan di kawasan ASEAN.

Namun, dalam survei ini, Indonesia hanya berada pada posisi 55 dari 73 negara.

Meski demikian, posisi tersebut naik satu peringkat dari tahun lalu yang berada di posisi 56.

5. Filipina
Filipina hanya satu posisi di bawah Indonesia. Pada tahun sebelumnya berada di urutan ke-52.

Nah, itulah 5 negara ASEAN yang memiliki sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara. Selain itu, ternyata ada info menarik di http://fashionweeks.web.id/ yuk cari tahu pembahasan asiknya Semoga informasinya bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.