Inilah 10 Universitas Terbaik di Indonesia Periode Terbaru

Inilah 10 Universitas Terbaik di Indonesia Periode Terbaru

Universitas Terbaik di Indonesia – Banyak kampus di Indonesia yang masuk dalam daftar universitas terbaik di berbagai lembaga pemeringkat Universitas. Lembaga pemeringkat universitas terbaik ini telah merilis daftar universitas terbaik di dunia dan per negara untuk periode 2023. Bersumber dari situs dan ada sebanyak 1.500 universitas di seluruh dunia yang masuk dalam daftar milik lembaga ini.

Universitas dapat di gunakan sebagai pilihan bagi lulusan sekolah menengah yang akan melanjutkan studi mereka. Jadi, tidak salah memilih perguruan tinggi saat mengajukan Seleksi Nasional Perguruan tinggi negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Perguruan tinggi negeri (SBMPTN), atau ujian masuk perguruan tinggi swasta.

 

Menggunakan enam indikator dalam menilai dan menentukan peringkat universitas terbaik, di antaranya:

  • Reputasi Akademis
  • Employer Reputation
  • Rasio Fakultas / Mahasiswa
  • Kutipan per fakultas
  • Rasio Fakultas Internasional
  • Rasio Siswa Internasional

Daftar10 Universitas Terbaik di Indonesia Terbaru

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Total skor: 40.2 peringkat dunia: 231

UGM merupakan institusi pendidikan tertua dan terbesar di Indonesia yang memiliki 18 Fakultas, 68 Program Studi Sarjana, 23 Program Studi diploma, 104 Program Studi Magister dan spesialis, dan 43 program studi doktoral.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Total skor: 39,5 peringkat dunia: 235

Kampus utama ITB saat ini adalah situs sekolah teknik sebelumnya di Indonesia.

Meskipun lembaga pendidikan tinggi ini memiliki karakteristik dan misi masing-masing, mereka meninggalkan pengaruhnya terhadap perkembangan yang mengarah pada pendirian ITB.

3. Universitas Indonesia (UI)

Total skor: 38.7 peringkat dunia: 248

Menjadi universitas negeri tertua di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 160 tahun di bidang pendidikan, Universitas Indonesia memiliki peran penting dan berpengaruh bagi pembangunan bangsa yang berkelanjutan dengan berkomitmen pada pendidikan dan penelitian.

4. Universitas Airlangga (Unair)

Total skor: 29.9 peringkat dunia: 369

Program Pascasarjana Universitas Airlangga telah berdiri sejak 10 November 1954. Promosi untuk memperoleh gelar doktor pertama kali diadakan pada tahun 1959.

Dengan demikian, pada tahun 1959 hingga 1976 Universitas Airlangga telah menghasilkan sepuluh dokter.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Total skor: 26.2 peringkat dunia: 449

Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan inovasi yang di akui secara nasional dan internasional.

Selama 10 tahun berturut-turut (2008-2018), IPB menjadi Universitas nomor satu di Indonesia dalam hal menghasilkan inovasi terbanyak di tanah air.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Peringkat dunia: 701-150

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah universitas terkemuka di bidang sains dan teknologi di Indonesia.

 

7. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Peringkat dunia: 751-800

Universitas Padjadjaran (UNPAD), di dirikan pada tahun 1957, terletak di Bandung, Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Awalnya, universitas hanya memiliki empat fakultas: hukum, ekonomi, kedokteran dan matematika & ilmu pengetahuan alam, tetapi pengajaran sekarang tersedia dalam berbagai mata pelajaran yang jauh lebih luas.

 

8. Universitas Diponegoro (Undip)

Peringkat dunia: 801-1, 000

UNDIP adalah universitas terkemuka di Indonesia dengan fokus yang kuat pada pekerjaan interdisipliner di bidang teknik dan Teknologi, Sains, Kedokteran, Hukum, Ekonomi.

9. Universitas Brawijaya (UB)

Peringkat dunia: 801-1, 000

Universitas Brawijaya (UB) berlokasi di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. UB diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 5 Januari 1963. Ada 11 fakultas dan 1 Program Studi yang di selenggarakan di UB.

10. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Peringkat dunia: 1.001-1.200

Universitas Bina Nusantara (BINUS) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta terkemuka yang menawarkan program studi berstandar internasional baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Awalnya di dirikan sebagai penyedia pelatihan kejuruan yang berfokus pada sistem komputer dan Informatika, BINUS telah berkembang untuk menawarkan berbagai program kepada siswa di 10 kampus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.