Sistem Pendidikan Finlandia

Sistem Pendidikan Finlandia , Pendidikan Terbaik Yang Ada Di Dunia

Sistem Pendidikan Finlandia – Sudah banyak yang mengetahui jika sistem pendidikan yang ada di Finlandia adalah yang terbaik dibandingkan dengan negara maju lainnya di dunia.

Bahkan Finlandia selalu mendapatkan skor terbaik untuk sains , matematika hingga literasi membaca dari negara Amerika Serikat. Padahal jika kalian mengulik lebih dalam , pendidikan yang ada di Finlandia adalah pendidikan yang memiliki hari sekolah yang lebih singkat dibandingkan negara negara lain di dunia.

Namun hal tersebut tentunya ditopang dengan beberapa prinsip utama yang membuat sistem pendidikan Finlandia berjalan dengan baik dan semestinya.

Lalu seperti apa sih lebih tepatnya sistem pendidikan yang ada di Finlandia ? Yuk langsung saja kita simak di bawah ini.

Pendidikan Usia Dini

Sama dengan negara negara lain yang ada di dunia , Finlandia juga mengadakan pendidikan usia dini mulai dari usia 3 bulan hingga 6 tahun. Terdapat 2 jenis pendidikan usia dini yang ada di Finlandia , yaitu yang berbayar dan juga tidak berbayar.

Sistem Pendidikan Finlandia

Untuk yang berbayar mereka akan menjalani program yang bernama sbobet ECEC ( Early Childhood Education and Care ). ECEC adalah program yang mengadopsi model “belajar melalui permainan” untuk mempromosikan “pertumbuhan seimbang,”

Orang tua hanya diharuskan untuk membayar 14% dari jumlah pembayaran tersebut karena adanya bantuan subsidi biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah.

Namun yang menjadi inti dari pendidikan usia dini yang ada di Finlandia adalah orang tua yang bisa bebas menghabiskan waktu kapan saja untuk bermain dan mengajar sehingga bisa membuat ikatan antara orang tua dan anak berjalan dengan baik.

Pendidikan Struktur Tunggal

Jika di Indonesia ada jenjang seperti Sekolah Dasar , SMP , SMA sebagai tingkat pendidikan , berbeda dengan Finlandia yang hanya memiliki pendidikan struktur tunggal.

Pendidikan struktru tunggal yang ada di Finlandia berjalan selama 9 tahun lamanya. Namun tercatat siswa hanya perlu masuk selama 190 hari pertahunnya.

Sistem Pendidikan Finlandia

Mereka memiliki tujuan untuk mendukung pertumbuhan siswa menuju kemanusiaan dan keanggotaan masyarakat yang bertanggung jawab secara etis dan untuk memberi mereka pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan.

Banyaknya waktu luang tersebut juga digunakan oleh sekolah untuk merevisi dan juga mengubah kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa yang sangat unik.

Ditahap ini siswa memiliki banyak waktu bermain yang diberikan oleh sekolah. Setidaknya sekolah memberikan waktu antara 15 menit hingga 45 menit untuk jam istirahat siswa yang ada di Finlandia.

Selain itu tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh sekolah di Finlandia terbilang sangatlah sedikit. Mereka menganggap kerja ekstra sangat tidak diperlukan untuk orang yang terlibat pendidikan di Finlandia karena adanya kepercayaan antara orang tua dan juga guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *