Internet Institute – Berita Pendidikan https://sudaninstitute.org Situs Pendidikan dan Informasi Terbaru Tahun 2020 Thu, 21 May 2020 10:24:56 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.2 https://sudaninstitute.org/wp-content/uploads/2020/04/cropped-sundan-32x32.jpg Internet Institute – Berita Pendidikan https://sudaninstitute.org 32 32 Beberapa Gejala Stress yang Harus Kalian Tahu & Bagaimana Cara Mengobatinya https://sudaninstitute.org/gejala-stress/ https://sudaninstitute.org/gejala-stress/#respond Thu, 21 May 2020 10:24:41 +0000 https://sudaninstitute.org/?p=125 Hampir setiap orang pernah mengalami stress. Entah dari lingkungannya, atau dari pikirannya sendiri. Dari level ringan hingga akut, semuanya pasti berdampak pada kesehatan Psikis seseorang. Stress adalah reaksi tubuh yang … Read More

The post Beberapa Gejala Stress yang Harus Kalian Tahu & Bagaimana Cara Mengobatinya appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
Hampir setiap orang pernah mengalami stress. Entah dari lingkungannya, atau dari pikirannya sendiri. Dari level ringan hingga akut, semuanya pasti berdampak pada kesehatan Psikis seseorang.

Stress adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Hal ini juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Gejala, Penyebab, dan Cara Menangani Stress

Stress yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh. Selain itu, hal ini juga dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan dan sistem reproduksi.

Orang yang mengalami stress secara berkepanjangan biasanya juga akan mengalami gangguan tidur. Dibawah ini, kami akan membagikan bagaimana cara menghilangkan stress.

Gejala Stress

Sebelum mengatasinya, pertama-tama kalian harus mengetahui dulu apa gejala yang dialami. Seperti:

  • Gejala emosi

Gejala emosi

Seperti mudah gusar, frustasi, suasana hati yang mudah berubah atau moody, sulit untuk menenangkan pikiran, rendah diri, serta merasa kesepian, tidak berguna, bingung, dan hilang kendali, hingga tampak bingung, menghindari orang lain, dan depresi.

  • Gejala fisik

Gejala fisik

Seperti lemas, pusing, migrain, sakit kepala tegang, gangguan pencernaan (mual dan diare atau sembelit), nyeri otot, jantung berdebar, sering batuk pilek, gangguan tidur, hasrat seksual menurun, tubuh gemetar, telinga berdengung, kaki tangan terasa dingin dan berkeringat, atau mulut kering dan sulit menelan. Stres pada wanita juga dapat menimbulkan keluhan atau gangguan menstruasi.

  • Gejala kognitif

Gejala kognitif

Seperti sering lupa, sulit memusatkan perhatian, pesimis, memiliki pandangan yang negatif, dan membuat keputusan yang tidak baik.

  • Gejala perilaku

Gejala perilaku

Seperti tidak mau makan, menghindari tanggung jawab, serta menunjukkan sikap gugup seperti menggigit kuku atau berjalan bolak-balik, merokok, hingga mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Penyebab Stress

Saat seseorang menghadapi kondisi yang memicu stress, tubuh akan bereaksi secara alami, yaitu dengan melepas hormon yang dinamakan kortisol dan adrenalin.

Penyebab Stress

Reaksi ini sebenarnya baik untuk membantu seseorang menghadapi situasi yang berbahaya atau mengancam, sehingga bisa keluar dari situasi tersebut.

Ada berbagai situasi atau peristiwa yang dapat memicu terjadinya stress, seperti:

  • Tidak memiliki pekerjaan
  • Beban di tempat kerja
  • Akan menjalani wawancara pekerjaan
  • Tak kunjung hamil ketika sudah cukup lama menikah
  • Khawatir tidak mampu merawat anak
  • Bertengkar dengan pasangan
  • Hubungan yang tidak baik dengan atasan
  • Menjadi korban pelecehan
  • Akan menikah atau bercerai
  • Diusir dari rumah
  • Menjalani proses peradilan
  • Menderita suatu penyakit yang berat atau sulit disembuhkan.

Gangguan ini memang sulit untuk dihindari. Jadi, hal yang terpenting adalah cara mengatasi stress.

Cara Menangani Stress

Jika seseorang tidak dapat mengatasi stress dengan baik, maka penyakit tersebut bisa menjadi berkepanjangan. Jika sudah seperti itu, dianjurkan untuk mengunjungi dokter atau melakukan terapi stress.

Cara Menangani Stress

Namun, alangkah lebih baik jika stress bisa dikurangi dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Berolahraga secara teratur
  • Menerapkan pola makan dengan gizi seimbang
  • Membatasi konsumsi kafein
  • Menghindari konsumsi alkohol dan NAPZA
  • Tidur yang cukup
  • Melakukan kegiatan yang menyenangkan hati
  • Meditasi, aromaterapi, Yoga
  • Puasa gadget
  • Menulis jurnal atau diary
  • Kurangi konsumsi gula, dan daging merah
  • Pelihara binatang

Itulah beberapa tips serta cara untuk menghilangkan stress. Sebisa mungkin, lakukan hal-hal positif agar kalian dapat terhindar dari hal tersebut. Misalnya seperti lebih banyak melakukan kegiatan bersama teman-teman.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa juga untuk selalu mencintai diri kalian sendiri.

The post Beberapa Gejala Stress yang Harus Kalian Tahu & Bagaimana Cara Mengobatinya appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
https://sudaninstitute.org/gejala-stress/feed/ 0
Review Geprek Bensu By Ruben Onsu https://sudaninstitute.org/review-geprek-bensu/ https://sudaninstitute.org/review-geprek-bensu/#respond Sun, 10 May 2020 12:07:31 +0000 https://sudaninstitute.org/?p=109 Review Geprek Bensu By Ruben Onsu: Gurih dan Renyah! Kalian tahu kan, kalau Ruben istri Sarwendah memiliki bisnis sebuah restoran ayam geprek bensu? Nah, kalau dilihat-lihat, restoran milik artis Ruben … Read More

The post Review Geprek Bensu By Ruben Onsu appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
Review Geprek Bensu By Ruben Onsu: Gurih dan Renyah!

Kalian tahu kan, kalau Ruben istri Sarwendah memiliki bisnis sebuah restoran ayam geprek bensu? Nah, kalau dilihat-lihat, restoran milik artis Ruben Onsu ini, banyak sekali peminatnya. Entah karena memang rasanya enak, atau karena nama besar dari “Ruben Onsu” saja. hmm… Dari pada kita menerka-nerka, lebih baik kita lihat dulu yuk, review makanan geprek bensu di bawah ini.

Review Geprek Bensu

Review Geprek Bensu, Restoran yang Gak Pernah Sepi Pengunjung

Geprek bensu sendiri memiliki beberapa menu sambal, yaitu sambal matah, sambal bawang, dan sambal embe. Level kepedasannya juga bisa kita atur dari level 1 – 5. Dilihat dari tampilan luarnya, sajian dari geprek bensu ini memang sangat menggugah selera. Apalagi kalau kita tambahkan dengan topping mozzarella. Beh! Oh ya, harga yang ditawarkan juga termasuk murah meriah loh. Pas di kantong mahasiswa. Hanya sekitar Rp 15.000 – Rp 27.000an saja.

Selain itu, mereka juga menyediakan paketan-paketan yang pastinya bakal lebih murah. Kalau kurang puas sama paketannya, kalian bisa tambahin topping yang tersedia. Nah, disini saya mencicipi sambal matah dan sambal embe nya. Kalau sambal bawang kan sudah biasa ya, bosan saya. Hihi.

Review Geprek Bensu Sambal Matah

Disini paketannya terdiri dari nasi, ayam goreng, serta sambal matah yang melimpah. Ditambah lagi, saya juga menggunakan topping mozza. Ayamnya masih hangat jadi sangat enak untuk langsung disantap. Ditambah lagi nasinya yang juga hangat. Rasa sambalnya sangat balance. Tidak ada rasa bawang yang berlebihan. Selain itu, sambalnya juga wangi. Hanya saja, menurut saya terlalu berminyak.

Review Geprek Bensu

Menurut saya tidak semua restoran bisa membuat sambal matah yang enak. Namun, Geprek Bensu ini bisa loh. Jadi untuk kalian yang ga terlalu suka sama sambal yang bawangnya menyengat, sambal dari geprek bensu ini pas banget buat kalian. Tepungnya gurih dan juga tebal. Ayam yang saya santap juga dibersihkan dengan benar jadi tidak ada bekas darah. Dagingnya juga tebal. Mirip dengan kfc, namun lebih gurih. Keju mozzanya juga menurut saya banyak. Gak pelit.

Saya makan ditemani dengan minumannya yang unik ada fotonya si Ruben yang diedit jadi chibi gitu. Saya pesan yang rasa lychee dan mango. Awalnya saya pikir gaenak, tapi pas coba lama kelamaan enak juga. Rasa buahnya berasa banget dan wangi buah juga. Manisnya menurut saya pas, namun kalau kalian gak terlalu suka manis, kayaknya ini agak kemanisan. Tapi bisa diakalin lah, tambahin aja es batu. Hehe.

Review Geprek Bensu Sambal Embe

Kalau paket yang ini, masih sama isinya, nasi, ayam, timun, dan sambal. Tapi sambalnya lebih wangi dan gurih. Teksturnya juga mirip dengan sambal matah, hanya diiris kasar saja cabenya. Ayam dan nasinya juga sama, prosinya pas kalau di perut saya. Ayamnya yang ini lebih juicy, karena saya pesan yang bagian paha.

Oh ya, Sudaninstitute juga memesan kol goreng, kulit ayam, dan jamur crispy. Menurut saya kulitnya enak banget! Crispy dan gurih! ketahuan masaknya gak asal-asalan. Jamur crispy nya juga beneran crispy haha. Gurih dan gak berminyak. Jadi benar benar garing. Enak deh! Hanya saja, untuk kol gorengnya saya gak terlalu suka, terlalu berminyak dan tidak digoreng kering.

Nah, sekian review makan di geprek bensu saya kali ini. Untuk keseluruhan, saya kasih rating 8.5 dari 10. Karena memang masih ada kekurangan yang menurut saya wajar. Tapi, kalian memang harus sesekali mencoba makan disini. Jangan hanya berpaku pada review ayam geprek bensu saya saja. Haha. Semoga tulisan saya bermanfaat.

The post Review Geprek Bensu By Ruben Onsu appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
https://sudaninstitute.org/review-geprek-bensu/feed/ 0
Dian Sastrowardoyo Artis Cantik Berpendidikan Tinggi https://sudaninstitute.org/dian-sastrowardoyo/ https://sudaninstitute.org/dian-sastrowardoyo/#respond Sat, 18 Apr 2020 18:26:42 +0000 https://sudaninstitute.org/?p=80 Dian Sastrowardoyo Artis Cantik Berpendidikan Tinggi yang memang sangat terkenal dalam hebatnya dalam memainkan sebuah peran dalam film-film yang di bintanginya tersebut dan memang dian ini sendiri sangat hebat tidak … Read More

The post Dian Sastrowardoyo Artis Cantik Berpendidikan Tinggi appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
Dian Sastrowardoyo Artis Cantik Berpendidikan Tinggi yang memang sangat terkenal dalam hebatnya dalam memainkan sebuah peran dalam film-film yang di bintanginya tersebut dan memang dian ini sendiri sangat hebat tidak saja dalam dunia perfilman namun dirinya sendiri juga sangat memiliki peranan yang cukup baik ketika dirinya meraih sarjana S2 dalam kehidupan dirinya sendiri.

Dian Sastro merupakan wanita asal kelahiran Jakarta, 16 Maret 1982 dimana sekarang umurnya sudah sampai 38 tahun namun dirinya sendiri masih eksis dalam dunia perfilman itu sendiri karena memang ketika dirinya menjadi sebuah aktris dalam sebuah film maka hasil yang akan jadi adalah akan sempurna.

Dian Sastrowardoyo Artis Cantik Berpendidikan Tinggi

Sosok wanita perempuan ini sendiri terkenal karena peran dirinya dalam sebuah film yang sangat terkenal di era tahun 2000 yang berjudul “Ada Apa Dengan Cinta” atau yang bisa kita sebut dengan “AADC“. Film ini sangat terkenal di jamanya yang memang membuat banyak orang ingin sekali menontonya.

Selain itu semua sosok dian sendiri adalah seseorang yang selalu menjunjung tinggi dunia pendidikan yang selalu berusaha untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang berguna dan memiliki ilmu pengetahuan. Dirinya sendiri di tahun 2005 mengambil kuliah dengan jurusan Ilmu Filsafat di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.

Tidak hanya itu dia berpuas hati karena tentu saja dirinya mengambil atau melanjutkan jenjang paska sarjananya di Magister Manajemen Univesitas Indonesia dan lulus di tahun 2014 dengan predikat Cumlaude”. Merupakan perolehan yang tidak terduga dari wanita berparas cantik dan terkenal ini yang berhasil melakukan hal tersebut.

Selain itu juga dirinya sendiri membuka sebuah usaha yang dimana di dirikanya sendiri yaitu adalah www.frameatrip.com yaitu adalah sebuah bisnis di bagian Fotografi yang memang sangat baik dan juga mampu untuk di lakukan dimanapun dan hal ini akan sangat membantu kalian yang sedang melakukan perjalanan jauh dan kalian tetap bisa mengabadikan moment indah kalian dimanapun kalian berada.

Dian Sastro juga adalah Ibu rumah tangga dari 1 suami dan 2 orang anak yang tampan dan cantik rupawan yang dimana sang suami adalah Maulana Indraguna Sutowo dan kedua anaknya adalah Syailendra Naryama Sastraguna Sutowo & Ishana Ariandra Nariratana Sutowo. Sebuah sosok yang menginspirasi kepada kalian semua dari semua hal yang dilakukan Dian Sastrowardoyo ini.

The post Dian Sastrowardoyo Artis Cantik Berpendidikan Tinggi appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
https://sudaninstitute.org/dian-sastrowardoyo/feed/ 0
Mendapatkan Beasiswa Dari Universitas Harvard https://sudaninstitute.org/mendapatkan-beasiswa-dari-universitas-harvard/ https://sudaninstitute.org/mendapatkan-beasiswa-dari-universitas-harvard/#respond Tue, 07 Apr 2020 22:13:10 +0000 https://sudaninstitute.org/?p=74 Mendapatkan Beasiswa Dari Universitas Harvard tentunya adalah sebuah kabar gembira yang dimana memang ketika anda sendiri berusaha untuk menjadi seseorang yang ingin mengenyam pendidikan di luar negeri tersebut dan hal … Read More

The post Mendapatkan Beasiswa Dari Universitas Harvard appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
Mendapatkan Beasiswa Dari Universitas Harvard tentunya adalah sebuah kabar gembira yang dimana memang ketika anda sendiri berusaha untuk menjadi seseorang yang ingin mengenyam pendidikan di luar negeri tersebut dan hal ini sendiri bisa menjadikan diri anda sebagai salah satu orang yang memiliki kesempatan emas. Namun hal ini sendiri akan terbuang sia-sia jika memang sang penerima beasiswa ini tidak mampu untuk mengikuti kegiatan yang ada di Harvard University tersebut.

Universitas Harvard Amerika Serikat

Universitas Harvard

Bagi beberapa orang yang memang menjadikan ini sebagai kesempatan emas bagi dirinya dimana bisa mendapatkan pembelajaran secara gratis dari universitas ternama ini. Dengan menjadikan diri anda sebagai salah satu orang yang sangat beruntung anda juga bisa untuk mendapatkan banyak sekali ilmu yang sangat luarbiasa banyaknya dan luarbiasa bergunanya untuk masa depan anda sendiri.

Terdapat banyak sekali jenis Beasiswa yang di berikan oleh HARVARD UNIVESITY ini, Terlebih lagi memang banyak beasiswa ini di berikan kepada orang asing yang dimana kepada pendatang atau bisa di bilang Beasiswa International. Disini kami akan menjelaskan beberapa saja tentang Beasiswa yang Univesitas ini sediakan adalah:

Program Beasiswa Zuckerman

Calon untuk Program Zuckerman Fellows adalah Seseorang memiliki, atau sedang mengejar, gelar sarjana akan keahlian bisnis, hukum, atau kedokteran dan yang ingin memiliki gelar tambahan dari Sekolah Pascasarjana Pendidikan Harvard, Sekolah Pemerintahan Harvard Kennedy, atau Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan.

Program Beasiswa Edmond J. Safra Graduate

Beasiswa Edmond J. Safra memajukan pengajaran dan penelitian tentang banyaknya etika dalam profesi dan kehidupan publik. Beasiswa Pascasarjananya mendukung lulusan Harvard dan mahasiswa profesional luar biasa yang menulis disertasi atau terlibat dalam penelitian besar tentang topik-topik dalam etika yang simple, terutama seperti etika di berbagai bidang seperti arsitektur, bisnis, pendidikan, pemerintah, hukum, kedokteran, kesehatan masyarakat, kebijakan publik , dan agama menurut Sudan Insitute.

Program Beasiswa FIABCI

FIABCI memberikan bantuan dan bantuan perjalanan kepada siswa yang menunjukkan minat dalam bidang property internasional atau terdaftar dalam kursus terkait property di universitas yang memenuhi syarat. Dimana harus bisa lebih mendapatkan untuk dalam bidang Property yang sangat penting untuk orang yang menyukai bidangnya.

The post Mendapatkan Beasiswa Dari Universitas Harvard appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
https://sudaninstitute.org/mendapatkan-beasiswa-dari-universitas-harvard/feed/ 0
Pentingnya Pendidikan Bagi Anak https://sudaninstitute.org/pentingnya-pendidikan-bagi-anak/ https://sudaninstitute.org/pentingnya-pendidikan-bagi-anak/#respond Wed, 01 Apr 2020 08:04:44 +0000 https://sudaninstitute.org/?p=20 Menurut Anda, apasih Pendidikan? Seberapa penting pendidikan itu bagi semua orang? Pada kesempatan kali ini admin sudaninstitute.org akan menjelaskan kepada anda apa sih hal – hal mendasar yang harus diperhatikan … Read More

The post Pentingnya Pendidikan Bagi Anak appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
Menurut Anda, apasih Pendidikan? Seberapa penting pendidikan itu bagi semua orang? Pada kesempatan kali ini admin sudaninstitute.org akan menjelaskan kepada anda apa sih hal – hal mendasar yang harus diperhatikan oleh orang tua demi tumbuh kembang anak berprestasi.

Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Sejak Usia Dini

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pendidikan memiliki arti proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Bayangkan jika seorang anak sejak usia dini tidak dididik, itu pasti akan sangat mempengaruhi prosesnya dalam berkembang, dalam pengubahan sikap dan tata laku dia kedepannya.

Pendidikan merupakan faktor utama yang akan menentukan pengetahuan dan keterampilan yang akan Anda kuasai di masa yang akan mendatang. Oleh karena itu banyak orang tua yang mendorong anaknya untuk mulai belajar mulai dari yang formal maupun dari yang informal.

Seperti orang tua yang sudah menyekolahkan anak-anaknya bahkan sejak usia 3 tahun di taman bermain anak-anak. Alasan utama mereka biasanya agar anak mereka bisa mulai bersosialisasi, atau mungkin agar anaknya terbiasa kedepannya.

Tapi tahukah kalian kalau pendidikan setiap anak selalu diawali dari yang ia dapatkan dari keluarganya? Pendidikan tersebut adalah pendidikan informal, pendidikan yang diperoleh seseorang dari pengalaman sehari-hari dengan sadar atau tidak sadar,sejak seseorang lahir sampai ia mati.

Proses pendidikan ini berlangsung sampai dengan seumur hidup. Sehingga peranan keluarga itu sangat penting bagi anak terutama orang tua. Kasih sayang yang orang tua diberikan tidak ada habisnya dan terhitung nilainya. Orang tua mengajarkan kepada kita hal-hal yang baik misalnya, bagaimana bersikap sopan-santun terhadap orang lain,menghormati sesama,dan berbagi dengan mereka yang kekurangan.

Pentingnya Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter anak sma

Selain pendidikan informal yang membentuk si anak, ada juga pendidikan karakter. Karakter atau watak adalah sifat batin yang mempengaruhi pikiran manusia, budi pekerti, serta kelakuan yang dimiliki seorang manusia atau makhluk hidup lainnya.

Sedangkan pendidikan karakter merupakan usaha sadar  dan terencana di dalam mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan juga pembudayaan peserta didik untuk membangun karakter pribadi yang baik untuk warga negara Indonesia.

Tujuan dari pendidikan karakter yaitu untuk membentuk bangsa yang tangguh, bermoral, bertoleransi, berakhlak mulia, bekerja sama atau bergotong royong.

Selain itu pendidikan karakter juga memiliki tujuan untuk membentuk bangsa yang memiliki jiwa yang patriotik atau suka menolong antar sesama, berkembang secara dinamis, beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Fungsi pendidikan karakter yaitu untuk mengembangkan potensi dasar seorang anak agar berhati baik, memiliki perilaku yang baik serta berpikiran yang baik. fungsi pendidikan karakter yaitu untuk memperkuat dan membangun perilaku anak bangsa yang multikultur, meningkatkan peradaban manusia dan menjadi bangsa yang baik di dalam pergaulan.

Lalu apa si tujuan dari pendidikan karakter ini bahkan sampai menjadi fokus pemerintah? Tujuan pendidikan karakter yaitu untuk membentuk bangsa yang tangguh, bangsa yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleransi serta bekerja atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan karakter juga bertujuan untuk membentuk suatu bangsa agar memiliki jiwa yang patriotik atau jiwa suka menolong antar sesama.

Untuk mewujudkan pendidikan karakter, secara umum dapat diperoleh dari pendidikan formal, pendidikan non formal maupun informal.

Dalam pendidikan formal dilaksanakan secara berjenjang dan dalam pendidikan tersebut mencangkup pada pendidikan umum, akademi, profesi, evokasi, kejujuran dan keagamaan. Dengan begitu maka para anak yang dididik akan dibekali dengan berbagai ilmu yang dapat mereka praktekkan di kehidupan nyata.

Sedangkan pendidikan karakter yang dikembangkan di sekolah yaitu diimplementasikan pada pendidikan pengembangan diri antara lain: melalui kegiatan-kegiatan ektrakulikuler yang diadakan di sekolah.

Dengan kegiatan ektrakulikuler tersebut sangat mudah dipahami oleh peserta didik, dan dapat dilakukan siswa sebagai penyaluran minat dan bakat yang dapat dikembangkan secara terus menerus sebagai perwujudan pendidikan karakter bangsa.

Pentingnya Pendidikan Formal

pentingnya pendidikan anak sejak dini

Lalu bagaimana dengan pendidikan formal? Apakah kalah pentingnya dengan pendidikan informal laindi atas? Tentu pendidikan formal juga penting bagi tumbuh kembang si anak. Banyak pelajaran di sekolah yang mengajarkan maksud-maksud lain selain sekedar menghapalkan materi dan memecahkan masalah matematika.

Seperti pendidikan ilmu sosial yang mengajarkan mengenai manusia dan lingkungannya, dimana kehidupan manusia merupakan suatu dinamika yang tidak pernah berhenti dan selalu aktif. Hal ini yang menggabungkan manusia dengan sesamanya dan juga dengan lingkungannya sebagai bukti bahwa manusia merupakan makhluk yang berakal budi dan merupakan makhluk sosial.

Lalu apa pentingnya pendidikan ilmu sosial? Jika anak belajar dan mendalami pendidikan ilmu sosial, mereka akan dapat mengembangkan kemampuan dalam berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan sosial. Anakn juga bisa membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan juga kemanusiaan.

Lalu ada juga pendidikan ilmu alam, yang mengajarkan tentang aspek-aspek fisik dan non-manusia tentang bumi dan juga alam disekitarnya. Pentingnya pendidikan satu ini dalam membentuk landasan bagi ilmu terapan.

Pelajaran ini berupaya membangkitkan minat manusia agar mau meningkatkan kecerdasan dan juga pemahamannya tentang alam seisinya yang penuh dengan rahasia yang tidak ada habisnya. Jika diajarkan dengan cara yang tepat, maka pelajaran ini bisa memberikan kesempatan berpikir kritis. Misalnya jika seorang anak dihadapkan pada suatu masalah, ia pasti akan menyelidiki hal tersebut sampai mendapatkan jawaban logis mengenai masalah tersebut.

Selain dua pendidikan mengenai lingkungan sekitar di atas, apakah pendidikan kewarganegaraan sama pentingnya? Ya tentu saja! Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa salah satu tujuan pendidikan adalah membentuk bangsa yang tangguh. Dengan adanya pembelajaran kewarganegaraan dapat membuat anak didik semakin sadar akan bela negara dan anak juga memiliki pemahaman akan politik kebangsaan, dan kepekaan mengembangkan jati diri dan moral bangsa dalam perikehidupan berbangsa.

Pentingnya pendidikan formal

Dalam pelajaran ini juga, anak didik dapat menjadi warga negara yang berpikir tajam dan sadar mengenai hak serta kewajibannya dalam hidup bermasyarakat dan juga bernegara. Selain itu pelajaran ini juga membangun kesiapan seluruh warga negara agar menjadi warga dunia yang cerdas.

Apakah sekedar itu saja pentingnya pendidikan formal bagi tumbuh kembang karakter anak dalam kehidupannya? Tentu tidak. Masih banyak pelajaran pendidikan formal yang akan membangun anak menjadi lebih baik ke depannya. Oleh karena itu pendidikan formal sangatlah penting untuk membantu naka dalam membangun pola pikir mereka.

Pentingnya Pendidikan Informal

Lalu bagaimana dengan Pendidikan informal ? Pendidikan ini adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Hasil pendidikan informal diakui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Contoh yang diajarkan dalam pendidikan informal ada Agama, Budi pekerti, Etika, Sopan santun, Moral, dan Sosialisasi. Pendidikan informal memang lebih mengarahkan ke pembentukan karakter anak tersebut agar memiliki kemampuan dalam bersosialisasi di masyarakat.

Kenapa pendidikan informal di dapatkan di keluarga? Karena keluarga adalah orang-orang yang paling dekat dengan anak tersebut bahkan sejak pertama ia berada di dunia ini. Mereka yang anak ini jumpai setiap hari, yang mengajaknya berbicara, yang mengajaknya bermain, sampai yang mengajarkannya berbagai hal.

Keluarga merupakan tahapan pertama yang dilalui seorang anak dalam mengarungi pendidikan contohnya seperti pengenalan tentang tuhan, pengenalan yang baik dan mana yang tidak baik, pengenalan cara berperilaku, cara menghormati orang tua, dan berbagai hal lainnya yang pastinya akan berguna bagi anak kelak.

pendidikan bagi anak bangsa

Pentingnya Pendidikan Nonformal

Terakhir ada pentingnya pendidikan nonformal, apa itu pendidikan nonformal? Berbedakah dengan pendidikan informal?

Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan yang tujuannya untuk mengganti, menambah dan juga melengkapi pendidikan formal. Pendidikan ini dapat diselenggarakan oleh lembaga khusus yang ditunjuk oleh pemerintah dengan berpedoman pada standar nasional pendidikan. Dan karena berpedoman pada standar nasional pendidikan maka hasil dari pendidikan non formal tersebut dapat dihargai setara dengan pendidikan formal.

Pendidikan nonformal memiliki beberapa manfaat, seperti mengembangkan kepribadian dan mengaktualisasikan diri, anak dapat menghadapi tantangan hidup baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam lingkungn masyarakat,kemampuan wawasan yang luas tentang hak dan kewajiban sebagai warga segara, membangun kesadaran berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat dalam rangka pembangunan manusia dan masyarakat, dan anak dapat menciptakan atau membantu menciptakan lapangan kerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

 Jalur pendidikan di luar sekolah ini dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yang diantaranya yaitu Taman kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), Taman Pendidikan Al-Qur’an, Kelompok bermain (KB), Taman bermain anak (TBA), Lembaga kursus, Sanggar, dan beberapa tempat lainnya.

Kesimpulan

Jadi segala aspek dalam anak merupakan hal yang penting bagi tumbuh kembang anak itu sendiri. Sebagai orang tua harus mampu memilih hal apa saja yang akan diberikan ke anak tersebut. Dari kecil harus di ajarkan mana baik-mana buruk, karena anak pada dasarnya diumpamakan sebagai sebuah kertas polos dan orang tua adalah pensil warna mereka.

Jika orang tua memberikan warna hitam, maka ia akan memiliki warna hitam pada kertas mereka, begitu juga jika orang tua memberikan warna merah, kuning, dan hijau.

Semoga informasi mengenai pentingnya pendidikan di atas membantu dalam mencari tahu pendidikan apa yang penting bagi anak. Semoga bermanfaat!

The post Pentingnya Pendidikan Bagi Anak appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
https://sudaninstitute.org/pentingnya-pendidikan-bagi-anak/feed/ 0
Ujian Nasional Ditiadakan Karena COVID-19 https://sudaninstitute.org/ujian-nasional-ditiadakan-karena-covid-19/ https://sudaninstitute.org/ujian-nasional-ditiadakan-karena-covid-19/#respond Sun, 29 Mar 2020 07:05:25 +0000 https://sudaninstitute.org/?p=13 Ujian Nasional Ditiadakan Karena COVID-19 berita ini sudah dibenarkan adanya dan sudah 100% dinyatakan oleh kemenetrian pendidikan Indonesia saat ini. Dunia pendidikan saat ini di Indonesia sedang mengalami dilema dimana … Read More

The post Ujian Nasional Ditiadakan Karena COVID-19 appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
Ujian Nasional Ditiadakan Karena COVID-19 berita ini sudah dibenarkan adanya dan sudah 100% dinyatakan oleh kemenetrian pendidikan Indonesia saat ini. Dunia pendidikan saat ini di Indonesia sedang mengalami dilema dimana dengan adanya virus yang banyak orang sebut Corona atau Covid-19 proses pembelajaran yang biasanya di lakukan di sekolah harus terpaksa berhenti karena terdapat virus ini.

Virus ini sendiri sudah menjadi Pandemic di hampir seluruh negara, dimana memang ketika banyaknya negara terkena dengan wabah ini menjadi banyak mencari jalan keluar untuk menemukan vaksinya dan juga untuk tetap mengolah dunia pendidikan ini sendiri. Karena memang Indonesia sendiri berusaha yang terbaik untuk terus memajukan dunia pendidikan dan memajukan generasi-generasi penerus bangsa banyak cara yang akan di berlakukan tersebut.

Ujian Nasional Ditiadakan Adalah Cara Aman

Ujian Nasional Ditiadakan Karena COVID-19

Salah satu cara agar membuat generasi muda ini tetap bisa memiliki pendidikan yang layak pemerintah sendiri harus terpaksa mengumumkan bahwa memang di tahun 2020 ini sendiri tidak akan terselenggaranya Ujian Nasional 2020 yang memang hal tersebut berguna untuk menilai pantas atau tidaknya seseorang dalam menentukan bahwa memang dirinya layak atau tidak untuk melanjutkan studinya dalam masa mengenyam pendidikan tersebut.

Memang tentunya masih banyak hal yang seharusnya Mentri pendidikan ini untuk pikirkan dikarenakan masih bisa seharusnya dengan adanya UN Online namun dari beberapa aspek juga ini akan sangat sulit terjadi ketika terlaksana. Dan hal ini sendiri sudah menjadi pemikiran dari pihak berwajib dan menilai memang harus di tiadakan tersebut.

Dampak yang paling terburuk dimana akan terjadi adalah akan terjadi keterlambatan dalam perkembangan teknologi di dalam Negara tercinta kita ini yang memang harusnya semua sudah tersusun secara rapih dan penuh dengan tujuan namun semua harus berhenti dan tidak terlaksana karena Virus Covid-19 ini. Kenapa dengan virus Covid-19 ini bisa membuat di tiadakannya UN ?

Virus ini sendiri adalah sejenis penyakit yang mudah menulai melalui Drop plet (media virus berbentuk cairan), penyebaran yang dilakukan virus ini bisa melalui apa saja yang tentunya dimana jika 1 orang terpapar dan dia mengali batuk dan flu serta mengenai seseorang dan masuk kedalam tubuh orang tersebut maka orang tersebut akan mudah terserang penyakit ini. Bahkan tidak langsung juga bisa seperti Penderita penyakit ini sakit dan batuk serta menutupinya dengan tangan lalu tangan orang tersebut banyak menyentuh banyak benda, lalu orang lain yang tidak tertular menyentuh bagian benda tersebut dan kemudian memegang daerah muka maka kemungkinan tertular akan besar.

WHO (World Health Organization) ini sendiri meyarankan untuk melakukan Social Distancing atau yang sekarang sudah di ubah menjadi Physical Distancing dimana memiliki tujuan untuk tidak melakukan kontak fisik dengan siapapun selama Pandemic ini masih ada. Sehingga kemungkinan kita untuk menjaga jarak dengan siapapun itu ada, dimana diharuskan jauhkan diri dari kerumunan ramai tersebut.

Cara Mentri Pendidikan Membuat Dunia Pendidikan Indonesia Tidak Redup

Ujian Nasional Ditiadakan Karena COVID-19

Dan hal ini sendiri berhubungan dengan Ujian Nasional yang dimana jika sampai terlaksana maka banyak murid yang akan datang kesekolah dan melakukan Ujian nasional mereka dengan berkumpul bersama dengan teman-teman sebaya mereka dan menjalankan UN di satu ruangan. Kemungkinan penyebaran akan semakin besar terjadi jika memang hal ini sendiri memang ada dan terus berjalan dalam dunia pendidikan kita sekarang.

Banyak Cara sudah dilakukan dengan adanya Lockdown dan Siaga untuk di dalam dunia pendidikan nasional ini, Banyak sekarang mahasiswa dan hingga peserta didik tidak di izinkan untuk memasuki sekolah atau mendatangi sekolah. Melainkan para peserta didik ini harus LFH (Learn From Home) dan juga mulai mengadakan Kelas-kelas Online yang di hubungkan melalu Class Conference tersebut.

The post Ujian Nasional Ditiadakan Karena COVID-19 appeared first on Internet Institute - Berita Pendidikan.

]]>
https://sudaninstitute.org/ujian-nasional-ditiadakan-karena-covid-19/feed/ 0